Pages

Jumat, 25 April 2014

Public Relation



Public Relation yang akan disingkat PR, adalah materi yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini.

  1. PR sebagai profesi : merupakan sebuah profesi atau lapangan pekerjaan sebagaimana profesi lainnya. contohnya sekretaris, wartawan, guru, pengacara
  2. PR sebagai suatu Divisi atau Bagian : sebagai bagian dari tim "pengelola" sebuah organisasi atau perusahaan, selayaknya bagian lain seperti : bagian keuangan dan keamanan.
  3. PR sebagai suatu aktifitas : adalah aktifitas komunikasi dua arah dengan publik (internal/eksternal) yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, slaing percaya dan saling membantu/ kerja sama.
  4. PR sebagai fungsi manajemen : public relation menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara organisasi dengan publiknya.
  5. PR sebagai ilmu pengetahuan : yang termasuk dalam kategori applied science yang teleological (ilmu pengetahuan terapan yang bertujuan). sebagai suatu ilmu Public Relation telah mempunyai cara - cara, teknik, metode, prosedur, prinsip, teori yang tersusun sebagai sebuah sistem. Public relation adalah salah satu bidang ilmu komunikasi praktis, yaitu oenerapan ilmu komunikasi pada organisasi dalam melaksanakan fungsi manajemen.
Mengapa perlu Public Relation ?
  • khalayak semakin kritis
  • Adanya kompetitor (pesaing)
  • Munculnya kesadaran akan perlunya menjaga hubungan baik (relationship) dengan publik
  • Tidak ada lembaga atau organisasi yang dapat hidup tanpa didukung publik
Tujuan Public Relation
  1. Memberikan informasi kepada masyarakat
  2. menciptakan good image
  3. menarik simpati khalayak
  4. mengubah pendangan masyarakat dari negatif ke positif
  5. mengubah sikap publik dari tidak kenal dan tidak peduli menjadi bersedia daiajak bekerja sama
  6. menghadapi opini yang berkembang di masyarakat
 Tugas Public Relation
  1. menyebarluaskan informasi, sehingga publik mempunyai pengertian yang benar tentang perusahaan serta kegiatan yang dilakukan
  2. monitoring dan dokumentasi opini publik
  3. melakukan analisis reaksi publik terhadap kebijakan perusahaan
  4. menyelenggarakan berbagai program untuk menjalin hubungan harmonis dengan publik
  5. memberikan pelayanan yang memuaskan kepada publik.
PUBLIC dalam Public Relation
publik adalah khalayak yang menjadi sasaran kegiatan PR
publik dalam sering PR sering juga disebut stakeholder, yaitu semua pihak yang berada di dalam maupun di luar perusahaan yang mempunyai peran dalam mencapai keberhasilan perusahaan
publik atau khalayak harus dikenali dan harus ditetapkan karena :
1. untuk mengidentifikasi khalayak sebagai sasaran program
2. untuk menciptakan skala prioritas shubungan keterbatasan anggaran dan sumber daya lainnya.
3. untuk memilih media dan teknik komunikasi yang sesuai

source : PowerPoint materi kuliah Bapak Dr. Suranto Aw, M. Pd., M, Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll